Eks Dandim Solo, Letjen Agus Subiyanto Resmi Dilantik Jadi KSAD Gantikan Dudung

0
2487
Letjen Agus Subiyanto Resmi Dilantik Jadi KSAD Gantikan Dudung
Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto bakal dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen Agus Subiyanto menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Adapun Agus sebelumnya menjabat Wakil KSAD.

Pelantikan KSAD ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI No 89/TNI/2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf TNI AD. Acara pelantikan kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Jokowi saat mendiktekan sumpah jabatan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatangan berita acara dan pembacaan kenaikan pangkat. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Keputusan Presiden No 90 TNI tahun 2023 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI.

Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto pun mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI. Acara kemudian dilanjutkan dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan Kepala Staf Angkatan Darat oleh Presiden.

Pelantikan ini turut dihadiri sejumlah pejabat. Di antaranya yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana TNI Yudo Margono, Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jenderal TNI Agus dikenal memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Dia menjabat Dandim 0735/Surakarta kala Jokowi masih menjabat Wali Kota Solo. Agus juga pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).(R)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini