Silaturahmi Ke PCIM Taiwan, BPKH Dan Bank Muamalat Fasilitasi Diaspora Dan Pekerja Migran Berhaji

0
2460
Silaturahmi Ke PCIM Taiwan, BPKH Dan Bank Muamalat Fasilitasi Diaspora Dan Pekerja Migran Berhaji
Silaturahmi Ke PCIM Taiwan, BPKH Dan Bank Muamalat Fasilitasi Diaspora Dan Pekerja Migran Berhaji.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Dirut Bank Muamalat, Indra Faletehan silaturahmi ke Kantor Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan pada Jum’at (24/11/2023) di Asia University Taiwan.

Kedatangan dua lembaga tersebut mendapat sambutan hangat Ketua PRI Muhammadiyah Taiwan Tengah, Eko Hariyadi dan jajaran beserta 50 diaspora Indonesia.

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander menyampaikan kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan sinergi kelembagaan mensosialisasikan layanan pendaftaran haji secara online bagi diaspora Indonesia.

“BPKH menggandeng Bank Muamalat menyediakan layanan pendaftaran haji secara online bagi diaspora Indonesia yang ada di Taiwan,” jelas Harry Alexander.

Lanjutnya, Ia mengatakan mereka sebagai badan hukum publik yang didirikan untuk mengelola keuangan haji tentu harus menjalankan amanah konsitusi di Pasal 29 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, di mana setiap warga negara berhak menjalankan agama sesuai dengan keyakinannya, salah satu bentuk layanannya fasilitas untuk berhaji.

Diaspora dan pekerja migran Indonesia di Taiwan merupakan warga negara yang juga memiliki hak konstitusi, sehingga BPKH hadir ingin memberikan jawaban yang selama ini mereka tidak bisa mendaftar haji di Taiwan karena tidak menerima jamaah luar negara, sedangkan jika dilakukan di Indonesia ada kesulitan geografis.

“Nah kita bersama Bank Muamalat hadir untuk melayani hak konstitusi tersebut. Hak yang menjadi kewajiban tidak hanya sesuai konstitusi tetapi juga sesuai dengan kewajiban mereka yang beragama Islam,” ujarnya, ditemui usai pelaksanaan Forum Silaturahmi di Kantor Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan.

Sementara itu, Eko Hariyadi berharap BPKH dan Bank Muamalat Indonesia bisa terus meningkatkan kerja sama. Terutama untuk menyediakan akses layanan pendaftaran haji yang lebih mudah bagi diaspora di Taiwan.

“Pengembangan sistem pendaftaran online yang lebih intuitif, dukungan konsultasi atau bimbingan. Serta penyediaan informasi yang lebih lengkap akan membantu memudahkan proses pendaftaran bagi jamaah haji dari Taiwan,” ungkap Eko Hariyadi.

“Selain itu, membuka akses informasi dan layanan dalam berbagai bahasa akan sangat membantu,” imbuh Eko, Aktivis Muhammadiyah Taiwan.

Sebelumnya, BPKH dan Bank Muamalat juga telah bersinergi dalam pengembangan aplikasi mobile banking (Muamalat DIN) yang terhubung secara antar server atau host-to host dengan aplikasi BPKH Virtual Account (BPKH VA).

Sinergi tersebut untuk memudahkan jamaah haji daftar tunggu dan juga sebagai bentuk transparansi informasi pengelolaan dana haji.(tM)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini