Surabaya, Gresik dan Sidoarjo Putuskan Ajukan PSBB

1914
490
Surabaya, Gresik dan Sidoarjo Putuskan Ajukan PSBB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam rapat untuk menerapkan PSBB di Kota Surabaya, Sidoarjo dan Gresik dalam rapat di Gedung Grahadi, Kota Surabaya, Minggu (19/04/2020).
Bagikan Berita Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

SURABAYA (TEROPONGMETRO) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengusulkan penerapan PSBB untuk Kota Surabaya, sebagian Kabupaten Gresik, dan sebagian Kabupaten Sidoarjo “Hari ini sudah saatnya di Kota Surabaya, di sebagian Kabupaten Gresik, dan di sebagian Kabupaten Sidoarjo untuk dilakukan PSBB,” ujar Gubernur Minggu (19/4/2020).

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membahas secara detail draft Peraturan Gubernur dengan otoritas terkait. Nantinya draft Pergub tersebut akan diikuti oleh peraturan walikota/bupati yang daerahnya masuk dalam rencana PSBB ini.

BACA JUGA: Indonesia Lampu Kuning! Dampak Corona Setengah Miliar Warga Dunia Diprediksi Jatuh Miskin

Gubernur menyatakan usulan PSBB ini telah melalui diskusi konstruktif dengan Forkopimda Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo. Walau demikian, penerapan Surabaya, Sidoarjo dan Gresik soal PSBB belum diketahui waktu berlangsungnya. Saat ini pemerintah masih membahas draft aturan.

Ditegaskan Khofifah bahwa dengan kesepakatan bersama ini masing-masing pemkot, dan pemkab ditambah dengan tim Polda dan Kodam serta DPRD akan membahas detail dari Draft Pergub yang sudah disiapkan.

“Ini akan menjadi satu kesatuan dari kesepakatan kita untuk menyiapkan Surabaya, Sidoarjo dan Gresik yang masuk pada PSBB”, kata Khofifah.

Nilai Surabaya 10

Khofifah sempat menjelaskan kalau Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan merekomendasikan agar Surabaya yang menjadi episentrum penyebaran Virus Corona (Covid-19) untuk menerapkan PSBB.

BACA JUGA: Istana Pertanyakan Kompetensi Bhima Yudhistira yang Tantang Debat Staf Khusus Presiden

“Dalam Rakor tersebut dibahas tentang kajian epidemiologi yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair yang telah melakukan scoring yang merujuk pada metode evaluasi epidemiologi yang diatur dalam Permenkes terkait PSBB. Berdasarkan penilaian tersebut total nilai untuk Surabaya mencapai 10, yaitu nilai tertinggi dalam skala evaluasi,” kata Khofifah dalam konferensi pers di Grahadi, Sabtu (18/4/2020) malam.

Zona Merah di Sidoarjo

Ada 18 kecamatan, yang 14 (kecamatan) sudah positif (zona merah) di Sidoarjo. Hal ini dikatakan Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin usai menghadiri rapat bersama dengan Gubernur Jatim, Forkopimda Jatim, Forkopimda Surabaya dan Kabupaten Gresik serta Sidoarjo di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Minggu (19/4/2020).

Nur menerangkan, tren warga di Sidoarjo yang terkonfirmasi positif memang mengalami kenaikan meski jumlahnya masih di bawah Kota Surabaya.

BACA JUGA: Sumarjaya Linggih Siapkan Rumahnya untuk Isolasi Mandiri Pekerja Migran Asal Bali

“Tren kenaikan kita (Sidoarjo) cukup mengkhawatirkan karena cukup drastis. Satu sisi kami pandang apa yang sudah kami lakukan, tingkat kedisiplinan masyarakat kurang sekali sehingga langkah terbaik PSBB. Kami kira kalau hanya PSBB di Surabaya gak akan efektif,” tuturnya.

7 Kecamatan di Gresik

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik juga belum bisa menentukan kapan PSBB dilaksanakan. Kabupaten Gresik belum bisa menentukan pelaksanaan PSBB karena menunggu Peraturan Gubernur (Pergub).

Selain itu, masih banyak hal yang perlu dikaji dan dipersiapkan. “Kapan dilaksanakan masih belum bisa ditentukan. Saya harus laporan ke Pak Bupati Sambari Halim Radianto dan menggelar rapat lanjutan,” kata Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Nadlif yang hadir dalam rapat dengan Gubernur Khofifa, Minggu (19/4).

Nadlif menjelaskan, PSBB nantinya tidak diterapkan di seluruh wilayah Gresik, melainkan hanya di 7 kecamatan. Namun, dia belum bisa menyebutkan secara rinci 7 kecamatan tersebut.(am/tm)


Bagikan Berita Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Comments are closed.