Belajar Pada Pemilu Malaysia, PAN : Jokowi Bisa Dilakalahkan

0
2536
Reshuffle Menteri, PAN Tunggu Tawaran Resmi Masuk Kabinet
Ketua Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay.
Bagikan Berita Ini

Jakarta, teropongmetro.com – Berkaca pada pengalaman Pemilu di Malaysia yang dimenangkan poros oposisi Mahathir Mohamad, yang baru saja mencetak kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum pada Rabu (9/5/2018), menunjukkan bahwa penguasa atau petahana tidak sulit dikalahkan.

Demikian disampaikan Wakil Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay dalam pesan singkatnya, Kamis (10/5/2018).

“Berkaca dari Pemilu Malaysia, presiden Jokowi pun masih sangat terbuka untuk dikalahkan. Walau surveynya sejauh ini lebih tinggi dari yang lain, namun kalau masyarakat dibawah merasa perlu perubahan, kemungkinan itu tetap ada,” kata Saleh.

Mahathir (92), diketahui, baru saja mengalahkan koalisi Barisan Nasional yang telah berkuasa selama lebih dari 60 tahun.

Koalisi Barisan Nasional yang dipimpin oleh petahana Perdana Menteri Nasional Najib Razak, yang tak lain adalah mantan anak didik Mahathir dalam kancah perpolitikan Negeri Jiran.

Karenanya, Saleh mengajak masyarakat Indonesia untuk mengambil pelajaran dari hasil Pemilu Malaysia. Setidaknya, mempelajari mengapa koalisi penguasa bisa tumbang dan dikalahkan.

“Karena itu, para pendukungnya jangan terlalu cepat tinggi hati. Tunggu kontestasi selesai biar dilihat bagaimana keinginan masyarakat yang sebenarnya,” katanya.

Kemenangan ini, kata Wakil Komisi IX DPR RI sekaligus menunjukkan bahwa adanya keinginan besar masyarakat Malaysia bagi perubahan.

Dirinya pun mengapresiasi karena harapan perubahan itu dilakukan secara konstitusional melalui jalan demokrasi yang sehat.

“Ini murni cerminan keinginan masyarakat Malaysia. Mereka ingin perubahan. Secara diam-diam, mereka mewujudkannya melalui pemilu,” tandasnya. (Ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini