Amien Rais Bangkit Lewat Partai Ummat, Refly Harun: Sangat Egois, PAN Sedang Menggali ‘Kuburannya’ Sendiri!

0
4080
Amien Rais Bangkit Lewat Partai Ummat, Refly Harun: Sangat Egois, PAN Sedang Menggali 'Kuburannya' Sendiri!
Prof. DR. KH. Amien Rais. MA.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Setelah tak lagi berada di Partai yang ia besarkan sebelumnya yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais kembali unjuk gigi dengan membawa bendera partai baru yakni Partai Ummat. Meski sempat bermasalah, Partai Ummat kini resmi menjadi peserta di Pemilu 2024.

Mengenai mulai turunnya tokoh reformasi tersebut ke arena politik 2024, Pakar Hukum Tata Negara yang juga pengamat Politik Refly Harun turut berkomentar. Menurut Refly, PAN harus berhati-hati dengan langkah politik yang diambil saat ini.

“PAN itu mengandalkan golongan islam menengah perkotaan, tapi dengan performa politik yang sangat selfish (Egois) yang sangat memperhitungkan posisi personal atau elite maka sesungguhnya PAN potensial menggali kuburnya sendiri,” jelas Refly melalui kanal Youtube miliknya, dikutip Minggu (29/1/23).

Menurut Refly, segala pembahasan mengenai siapa yang akan bisa unjuk gigi antara PAN dan Partai Ummat akan dibuktikan di Pemilu 2024.

Karenanya, pilihan PAN yang dikomandoi oleh Zulkifli Hasan yang menyeberang ke kubu istana dengan meninggalkan kepentingan dan harapan konstituennya patut dinantikan efektivitasnya.

“Kita buktikan nanti, hati-hati pak Zulhas, Langkah Anda akan diuji di publik, apakah ikut pemerintahan ini langkah terbaik, apakah ikut dalam KIB langkah terbaik, apakah mencalonkan selain Anies Baswedan adalah langkah terbaik, atau sebaliknya akan menghacurkan PAN,” jelasnya.

Di sisi lain, Refly Harun mengungkapkan Amien Rais mulai bangkit setelah di tendang dan dikeluarkan dari Partai yang didirikannya yakni PAN dengan mendirikan partai Ummat yang sangat potensial menggerus suara PAN yang selama ini menjadi ceruk basis dukungan.

Terlebih dengan Partai Ummat yang saat ini membranding sebagai partai islam yang moderat.

“Kita lihat nanti apakah Partai Ummat akan lebih besar dibandingkan dengan PAN,” jelasnya.

“Ini juga menandakan Amien Rais yang kembali pada politik kanannya. Jadi Amien Rais tumbuh sebagai orang kanan lalu mencoba jadi moderat tengah kanan kiri, Tapi sekarang kembali ke kanan, sah-sah saja,” ujarnya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini